Pengertian Pengalaman Kelompok

Pengertian Pengalaman Kelompok
Pengalaman Kelompok
Istilah pengalaman dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dan sebagainya). Sementara itu kelompok memiliki pengertian kumpulan (tentang orang, binatang, dan sebagainya); golongan (tentang profesi, aliran, lapisan masyarakat, dan sebagainya); kumpulan manusia yang merupakan kesatuan beridentitas dengan adat-istiadat dan sistem norma yang mengatur pola-pola interaksi antara manusia itu; kumpulan orang yang memiliki beberapa atribut sama atau hubungan dengan pihak yang sama.

Demikian, pengalaman kelompok adalah pengalaman seseorang dalam kehidupan bersama dengan manusia lainnya yang kemudian membentuk identitas dirinya. Dalam kehidupannya, individu senantiasa berada dalam berbagai jenis, bentuk, maupun tipe kelompok sosial di mana individu tersebut kemudian menjadi anggota di dalamnya. Keberadaan kelompok-kelompok sosial tersebut teramat penting karena di samping turut membentuk identitas kediriannya juga penentu bentuk atau ragam corak kepribadiannya. 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pengalaman Kelompok"