Pengertian Kumpul Kebo (Kohabitasi)

Pengertian Kumpul Kebo atau Kohabitasi
Kumpul Kebo (Kohabitasi)
Kumpul kebo atau kohabitasi adalah hubungan antara dua orang yang tidak berada dalam ikatan perkawinan yang sah, tetapi hidup bersama. Istilah tersebut dulunya adalah koempoel gebouw dari bahasa Belanda. Gebouw adalah bangunan atau rumah, jadi koempoel gebouw maksudnya adalah berkumpul di bawah satu atap rumah. Istilah gebouw berubah menjadi kebo, sehingga menjadi kumpul kebo. Sementara, kohabitasi berasal dari Latin via Inggris, cohabitation (dalam Latin orisinil co-habitare, tinggal bersama).

Kumpul kebo dalam arti hidup bersama dan melakukan hubungan seksual tanpa menikah, merupakan fenomena yang sangat biasa dan dimaklumi secara kultural di negara-negara Barat. Tidak jarang mereka baru menikah setelah memiliki satu atau dua orang anak. Namun meskipun demikian, kehidupan mereka tidak menimbulkan gaduh sosial karena kultur di negeri Barat melazimkan kehidupan kumpul kebo. Lain halnya dengan kultur Indonesia yang memandang kumpul kebo sebagai tabu. Norma-norma Indonesia tidak menyediakan ruang bagi kumpul kebo. Oleh karena itu berita seseorang menjalani kehidupan kumpul kebo akan menjadi gaduh sosial. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kumpul Kebo (Kohabitasi)"