Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Edwin H. Sutherland

Biografi Edwin H Sutherland
Edwin H. Sutherland

Edwin Hardin Sutherland lahir 13 Agustus 1883 di Gibbon, Nebraska—meninggal 11 Oktober 1950 di Bloomington, Indiana pada usia 67 tahun. Edwin H. Sutherland adalah seorang sosiolog Amerika yang dianggap sebagai salah satu kriminolog paling berpengaruh di abad ke-20. Edwin Sutherland dikenal dengan konsep "kejahatan kerah putih". Edwin H. Sutherland adalah seorang sosiolog dari aliran pemikiran interaksionis simbolik dan terkenal karena mendefinisikan kejahatan kerah putih, asosiasi diferensial, dan teori umum tentang kejahatan dan kenakalan. Edwin H. Sutherland meraih gelar Ph.D. dalam sosiologi dari University of Chicago pada tahun 1913.

Setelah menerima gelar PhD dari University of Chicago, Sutherland kuliah di William Jewell College, Missouri (1913–1919), University of Kansas (musim panas 1918), University of Illinois (1919–1925), Sutherland menghabiskan musim panas di Northwestern (Juni-Agustus 1922) sebelum tiba di Universitas Minnesota pada tahun 1925. Sutherland memperkuat reputasinya sebagai salah satu kriminolog terkemuka di Universitas Minnesota, tempat dia bekerja dari tahun 1926 hingga 1929. Selama periode ini, dia berkonsentrasi untuk memahami dan mengendalikan masalah sosial.

Pada tahun 1930, Sutherland menerima posisi sebagai profesor riset di Universitas Chicago. Pada tahun 1935 ia mengambil posisi di Universitas Indiana dan mendirikan Sekolah Kriminologi Bloomington di Universitas Indiana. Selama waktunya di Indiana, ia menerbitkan empat buku, termasuk Twenty Thousand Homeless Men (1936), The Professional Thief (1937), edisi ketiga Principles of Criminology (1939), dan edisi pertama White Collar Crime (1949) yang disensor sampai teks aslinya diterbitkan pada tahun 1983 oleh Yale University Press.

Sutherland terpilih sebagai presiden American Sociological Society pada tahun 1939, dan presiden dari Sociological Research Association pada tahun 1940. Sutherland adalah penulis teks utama Kriminologi, yang diterbitkan pada tahun 1924, pertama kali menyatakan prinsip asosiasi diferensial dalam edisi ketiga berjudul Prinsip Kriminologi (1939: 4–8) bahwa perkembangan pola kebiasaan kriminalitas muncul dari asosiasi dengan mereka yang melakukan kejahatan daripada dengan mereka yang tidak melakukan kejahatan.

Teori tersebut juga memiliki elemen struktural yang menyatakan bahwa konflik dan disorganisasi sosial adalah penyebab kejahatan yang mendasari pola orang yang terkait dengannya. Unsur terakhir ini dihilangkan ketika edisi keempat diterbitkan pada tahun 1947. Tetapi dia tetap yakin bahwa kelas sosial adalah faktor yang relevan, menciptakan frase kriminal kerah putih dalam pidatonya di American Sociological Association pada 27 Desember 1939. Dalam bukunya 1949 Monograph White-Collar Crime dia mendefinisikan kejahatan kerah putih "kira-kira sebagai kejahatan yang dilakukan oleh seseorang yang terhormat dan status sosial yang tinggi selama masa kedudukannya."

Sumber: https://en.wikipedia.org
 

Download

Ket. Klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Edwin H. Sutherland. Differential Association Theory (Teori Belajar Sosial) 

Materi Sosiologi SMA 

1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Edwin H. Sutherland"