Pengertian Kelas Sosial dan Contohnya

Pengertian Kelas Sosial dan Contohnya
Kelas Sosial

Kelas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian kelompok masyarakat berdasarkan pendidikan, penghasilan, kekuasaan, dan sebagainya, dan kelas sosial adalah golongan orang di kalangan masyarakat (petani, nelayan, pedagang, dan sebagainya). Kelas sosial atau golongan sosial merujuk kepada perbedaan hierarkis (atau stratifikasi) antara insan atau kelompok manusia dalam masyarakat atau budaya.

Dalam kerangka sosial artinya, kelas merupakan posisi sosial yang hierarkis, namun tidak ditentukan oleh kekuatan lain yang dimiliki oleh suatu individu atau kelompok. Posisi hierarki kelas sosial berbeda dengan kelas ekonomi. Di kelas sosial mana individu berada tergantung pada kondisi sosialnya, bukan pada kondisi ekonominya. Dengan kata lain, perilaku kelas tertentu di dasarkan pada penilaian kelas di bawah atau di atasnya.

Biasanya kebanyakan masyarakat memiliki golongan sosial, tetapi tidak semua masyarakat memiliki jenis-jenis kategori golongan sosial yang sama. Berdasarkan karakteristik stratifikasi sosial, dapat kita temukan beberapa pembagian kelas atau golongan dalam masyarakat. Beberapa masyarakat tradisional pemburu-pengumpul, tidak memiliki golongan sosial dan sering kali tidak memiliki pemimpin tetap pula. Oleh karena itu masyarakat seperti ini menghindari stratifikasi sosial. Dalam masyarakat seperti ini, semua orang biasanya mengerjakan aktivitas yang sama dan tidak ada pembagian dalam pekerjaan.

Kelas sosial cenderung sulit diubah. Berbeda dengan kelas ekonomi yang cenderung mudah diubah. Individu yang berada di kelas ekonomi elit, punya banyak uang, lalu bangkrut langsung turun kelas. Kelas sosial tidak mudah berubah karena terbentuk dari proses sosial yang lama. Kelas sosial dibentuk oleh aspek sosio-kultural yang disosialisasikan pada individu. Proses sosialisasi bisa berlangsung dalam keluarga, institusi pendidikan, organisasi dan institusi sosial lainnya. Proses sosialisasi ini membentuk karakteristik individu yang termanifestasi dalam perilaku, pengetahuan dan gaya hidupnya.

Contoh Kelas Sosial
Perilaku bergelantungan di KRL
Orang udik yang datang ke kota, menikmati transportasi publik KRL yang baru saja launching merasa terkesima lalu bergelantungan di dalam gerbong sekadar main-main. Sebagian duduk lesehan sambil makan pecel meskipun di atasnya ditempeli stiker dilarang duduk lantai.

Kita bisa membaca perilaku tersebut dilakukan oleh orang dari kelas sosial mana. Konsep kelas sosial menjelaskan perilaku individu atau kelompok sebagai cermin posisi sosialnya dalam hierarki sosial. Tidak sebatas itu, perilaku tersebut bisa menunjukkan bagaimana proses sosialisasi yang diterima oleh individu tersebut selama ini.

Pengetahuan tentang seni
Tidak semua orang bisa menikmati pameran seni. Ketika kamu tidak tahu banyak tentang seni, lalu masuk ke museum termahal, kamu tidak akan tahu untuk apa mengunjungi museum tersebut. Hal ini karena kamu tidak punya pengetahuan yang memandu bagaimana menikmati karya seni.

Pengetahuan merupakan salah satu komponen pembentuk kelas sosial. Ketika pembicara seminar mengisi jeda dengan candaan yang selalu seksis, kita bisa mengidentifikasi dari kelas mana ia berasal. Bisa saja berasal dari kelas elit, namun pengetahuan akan jokes yang dikuasai tidak bisa menutupi bahwa dirinya berasal dari kelas sosial di mana candaan seksis adalah suatu hiburan yang normal.

Cukur rambut di bawah pohon
Gaya hidup merupakan salah satu penanda kelas sosial seseorang. Orang yang cukur rambutnya di bawah pohon bisa menunjukkan siapa dirinya, bahkan berapa pendapatannya. Berbeda dengan orang yang tidak pernah potong rambut kecuali di barber shop. Barber shopnya-pun harus di shopping mall.

Sering kali kita mendengar seseorang mempertahankan justifikasi gaya hidupnya dengan ungkapan selera. Karena seleranya senam zumba, maka senam zumba. Perlu diingat bahwa selera tidak pernah netral. Selera selalu menunjukkan kelas sosial seseorang. Oleh karena itu, gaya hidupmu menunjukkan dari kelas sosial mana kamu berasal dan di kelasa sosial mana kamu menuju.


Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kelas Sosial dan Contohnya"