Pengertian Kebutuhan Rohani

Pengertian Kebutuhan Rohani
Kebutuhan Rohani
A. Pengertian Kebutuhan Rohani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan manusia yang berkaitan dengan psikologis, atau dengan rohani dirinya. Rohani atau dengan sebutan lain jiwa manusia, yang mana tersebut memiliki kebutuhan yang mesti terpenuhi, kebutuhan ini disebut dengan kebutuhan rohani.

Kebutuhan rohani berkaitan dengan tuntutan perasaan, etika, dan keyakinan manusia demi terpenuhinya kepuasan batin. Kebutuhan rohani tidak berkaitan langsung dengan fisik manusia sehingga tidak dapat dilihat secara langsung. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan batin yang hanya dapat dirasakan oleh individu yang bersangkutan.

B. Contoh Kebutuhan Rohani
1. Beribadah
2. Rekreasi (hiburan)
3. Ilmu pengetahuan
4. Bersosialisasi
5. Melakukan hobbi
6. Kasih sayang
7. Kebahagiaan
8. Perhatian
9. Kepedulian

Apabila kebutuhan rohani seseorang tidak terpenuhi maka ia akan rentan mengalami gangguan pada jiwa nya (stress). Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani tentunya seseorang akan dengan mudah merasakan bahagia, senang, lapang dada sehingga dalam menjalani kehidupannya sehari-hari penuh dengan semangat dan tidak pesimis.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kebutuhan Rohani"