Pengertian Kebutuhan Primer, dan Jenisnya

Pengertian Kebutuhan Primer dan Jenisnya
Kebutuhan Primer
A. Pengertian Kebutuhan Primer
Istilah primer dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah yang pertama; yang terutama; yang pokok. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primer) yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan dan papan. Menurut ILO (International Labour Organization), kebutuhan primer adalah kebutuhan fisik minim manusia, yang berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok baik untuk masyarakat miskin maupun kaya.

Dalam teori kebutuhan manusia, ada kebutuhan-kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi agar manusia mampu bertahan hidup. Kebutuhan inilah yang disebut sebagai kebutuhan primer. Demikian, kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama yang wajib dipenuhi oleh seseorang untuk dikatakan hidup layak sebagai manusia, serta untuk menjamin keberlangsungan hidupnya. Jika kebutuhan primer tersebut tidak dapat dipenuhi, maka kebutuhan yang lain pun tidak bisa dipenuhi.

B. Jenis Kebutuhan Primer
Pada umumnya, terdapat 3 kebutuhan yang dianggap sebagai kebutuhan primer, yaitu sandang, pangan, dan papan.
1. Sandang, adalah pakaian yang diperlukan oleh manusia sebagai makhluk berbudaya. Pada awalnya manusia memanfaatkan pakaian dari kulit kayu dan hewan yang tersedia di alam. Kemudian manusia mengembangkan teknologi pemintal kapas menjadi benang untuk ditenun menjadi bahan pakaian. Pakaian berfungsi sebagai pelindung dari panas dan dingin. Lama kelamaan fungsi pakaian berubah, yakni untuk memberi kenyamanan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan seperti pakaian kerja, pakaian rumah, untuk tidur dan sebagainya.
2. Pangan, adalah kebutuhan yang paling utama bagi manusia. Pangan dibutuhkan manusia secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Usaha mencukupi kebutuhan pangan di negara-negara berkembang dilakukan secara tradisional atau dengan cara memperluas lahan pertanian yang disebut ekstentifikasi, sedangkan di negara maju, sistem pertanian telah dilakukan dengan cara intensifikasi yaitu cara mengolah pertanian dengan lebih baik dan modern. Hal itu menyebabkan produksi pertanian negara maju lebih banyak dibanding negara berkembang. Di berbagai masyarakat, bahan makanan pokok memegang peranan utama dalam memenuhi kebutuhan penduduk.
3. Papan, adalah kebutuhan manusia untuk membuat tempat tinggal. Pada awalnya fungsi rumah hanya untuk bertahan diri. Namun lama kelamaan berubah menjadi tempat tinggal keluarga. Karena itu kebutuhan akan memperindah rumah semakin ditingkatkan.

Seiring perkembangan zaman, kini kebutuhan primer manusia bertambah. Dari sekedar kebutuhan sandang, pangan, dan papan, bertambah menjadi kebutuhan akan kesehatan dan juga pendidikan. Sebab, dengan tercapainya kesehatan serta pendidikan yang memadai, manusia pun dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Demikian pula dengan adanya sarana transportasi, kecukupan gizi, air minum, serta rasa aman, merupakan kebutuhan manusia yang paling utama. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kebutuhan Primer, dan Jenisnya"