Pengertian Heterogenitas Sosial, dan Jenisnya

Pengertian Heterogenitas Sosial dan Jenisnya
Heterogenitas Sosial
A. Pengertian Heterogenitas Sosial
Heterogenitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti keanekaragaman. Istilah heterogen memiliki arti yang berlawanan dengan homogen, di mana suatu keadaan dikatakan homogen jikalau memiliki keseragaman dalam komposisi atau karakter, dan heterogen jelas tidak seragam dalam hal kualitas, komposisi, maupun karakternya.

Demikian, heterogenitas sosial dapat dibayangkan sebagai kumpulan manusia di suatu wilayah tertentu dengan rentang umur, jenis kelamin, bahasa, latar belakang budaya, agama, dan ras yang berbeda-beda. Dalam kamus Mariam Webster, heterogenitas memiliki arti kualitas atau keadaan dari keberadaan heterogen. Sementara heterogen memiliki arti yang terbentuk dari bagian-bagian yang berbeda, atau terdiri dari yang tidak sama baik bahan maupun jumlah yang berbeda.

B. Jenis Heterogenitas Sosial
1. Heterogenitas masyarakat berdasarkan profesi/pekerjaan, adalah pengelompokan masyarakat yang didasarkan pada jenis pekerjaan atau profesinya. Perbedaan profesi biasanya juga akan berpengaruh pada perilaku sosialnya. Contohnya, perilaku seorang tentara akan berbeda dengan seorang guru ketika keduanya melaksanakan pekerjaannya.
2. Heterogenitas atas dasar jenis kelamin, walaupun tidak tepat diklasifikasikan atas dasar tingkatan, misalnya laki-laki pada jenjang atas dan perempuan pada jenjang bawah, jenis kelamin ternyata juga menentukan tingkatan seseorang. Misalnya pada masyarakat patrilineal, laki-laki umumnya menduduki posisi lebih tinggi dari perempuan. Meskipun demikian, saat ini ada beberapa pekerjaan yang dulu dianggap hanya boleh dikerjakan oleh laki-laki, tetapi sekarang terbuka juga untuk perempuan. Contohnya karier di bidang politik dan bisnis.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Heterogenitas Sosial, dan Jenisnya"