Pengertian Harmonis, dan Harmonisasi

Pengertian Harmonis dan Harmonisasi
Harmonis dan Harmonisasi
A. Pengertian Harmonis
Pengertian harmonis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersangkut paut dengan (mengenai) harmoni; seia sekata. Harmonis adalah segala sesuatu yang senantiasa serasi, selaras, seimbang. Yang adil dan yang makmur adalah harmonis. Harmonis dalam kehidupan merupakan suatu keadaan di mana setiap orang dapat saling merangkul bersama di setiap masalah sehingga terjadi keselarasan hidup guna mencapai kebahagiaan bersama.

Misalkan keluarga harmonis adalah suatu situasi atau kondisi keluarga di mana terjalinnya kasih sayang, saling pengertian, dukungan, mempunyai waktu bersama, adanya kerja sama, kualitas komunikasi yang baik dan minim terjadinya konflik, ketegangan dan kekecewaan dalam rumah tangga.

B. Pengertian Harmonisasi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah harmonisasi memiliki pengertian pengharmonisan; upaya mencari keselarasan. Pengertian harmonisasi merupakan upaya maupun sebagai proses hendak mengatasi batasan-batasan perbedaan, hal-hal yang bertentangan, dan kejanggalan. Istilah harmonisasi secara etimologis menunjuk pada proses yang bermula dari suatu upaya, untuk menuju atau merealisasi sistem yang harmoni.

Harmonisasi dapat juga diartikan sebagai upaya atau proses untuk menyelaraskan, menyerasikan, atau menyesuaikan sesuatu yang dianggap tidak atau kurang baik, kurang atau tidak pantas atau tidak serasi sehingga menghasilkan sesuatu yang baik atau harmonis dalam berbagai hal.

Unsur-unsur yang dapat di tarik dari perumusan pengertian harmonisasi, antara lain:
1. Adanya hal-hal ketegangan yang berlebihan
2. Menyelaraskan kedua rencana dengan menggunakan bagian masing-masing agar membentuk suatu sistem
3. Suatu proses atau suatu upaya untuk merealisasi keselarasan, kesesuaian, kecocokan, dan keseimbangan
4. Kerja sama antara berbagai faktor yang sedemikian rupa, hingga faktor-faktor tersebut menghasilkan kesatuan yang luhur.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Harmonis, dan Harmonisasi"