Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Thomas Luckmann

Thomas Luckmann
Thomas Luckmann lahir 14 Oktober 1927 di Jesenice, Kerajaan Yugoslavia (sekarang Slovenia) dan meninggal  10 Mei 2016 di Austria pada umur 88 tahun. Ayahnya adalah seorang industrialis Austria, sedangkan ibunya berasal dari keluarga Slovenia dari Ljubljana. Dari pihak ibunya, ia adalah sepupu penyair Slovenia Božo Vodušek.

Thomas Luckmann tumbuh dalam lingkungan bilingual. Dalam keluarga, mereka berbicara bahasa Slovenia dan Jerman, dan dia bersekolah di sekolah berbahasa Slovenia di Jesenice sampai tahun 1941, sampai dia bersekolah di SMA di Austria setelah pendudukan Slovenia selama Perang Dunia II. Ia mendapatkan pendidikan sosiologisnya dari Universitas Vienna dan Universitas Inssbruck, juga dari New School for Social Research di Kota New York. Ia juga pernah mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Linköping, Swedia.

Setelah pembunuhan ayahnya dan beberapa kematian kerabatnya selama Perang Dunia II, pada tahun 1943, ia dan ibunya pindah ke Wina. Tinggal di Austria selama periode ini secara otomatis memberinya kewarganegaraan Jerman, dan pada tahun 1944 ia direkrut menjadi tentara, bergabung dengan Luftwaffe di mana ia bertugas sebagai Luftwaffenhelfer. Pada tahun 1945 ia menjadi tawanan perang, dan melarikan diri setelah tiga bulan. Dia kemudian menetap di Wina.

Luckmann belajar filsafat dan linguistik di Universitas Wina dan Innsbruck . Pada tahun 1950 ia menikah dengan Benita Petkevic, kemudian pindah ke Amerika Serikat, di mana ia belajar di The New School di New York City. Dia diperkenalkan dengan disiplin sosiologis dengan karya Alfred Sch ü tz tentang fenomenologi sosiologis, dan bertemu Peter Berger, di mana dia kemudian akan menjadi penulis bersama The Social Construction of Reality. Bersama-sama, dia dan rekan-rekannya menghasilkan beberapa karya sosiologis paling berpengaruh di abad ke-20.

Luckmann diperkenalkan dengan sosiologi agama ketika gurunya pada saat itu, Carl Meyer, memintanya untuk melakukan kerja lapangan tentang gereja-gereja di Jerman setelah Perang Dunia II. Terpikat oleh pengalamannya di Jerman, Luckmann menggunakan penelitian lapangannya untuk mengejar gelar Ph.D di bidang sosiologi. Dia memperoleh posisi akademis pertamanya di Hobart College, di Jenewa, New York, sebelum kembali untuk mengajar di The New School setelah kematian Alfred Sch ü tz.

Luckmann diberikan posisi profesor di The University of Frankfurt pada tahun 1965. Setelah menerbitkan dua buku pada tahun 1963 dan 1966, dan beberapa esainya yang sukses, Luckmann bekerja sebagai profesor Sosiologi di Universitas Konstanz di Jerman dari tahun 1970 hingga pensiun, dan kemudian profesor emeritus. Kontribusi Thomas Luckmann sangat penting dalam kajian sosiologi komunikasi, sosiologi pengetahuan, sosiologi agama, dan filsafat ilmu. Ia merupakan tokoh utama dalam pengembangan ilmu sosial pasca perang, terutama di bidang filsafat dan sosiologi. Luckmann meninggal pada usia 88 pada 10 Mei 2016, di rumahnya di Austria.

Karya-Karya Thomas Luckmann

  • Konstruksi Sosial Realitas (1966, dengan Peter L. Berger )
  • The Invisible Religion (1967)
  • The Sociology of Language (1975)
  • Structures of the Life-World (1982, dengan Alfred Schütz )
  • Kehidupan-Dunia dan Realitas Sosial (1983)
  • The Sociology of Language (1975)
  • Theory of Social Action (1992) 

Sumber. https://id.wikipedia.org

Download

Ket. Klik warna biru untuk link

Lihat Juga 
Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Sosiologi sebagai Ilmu tentang Masyarakat (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Fungsi dan Peran Sosiologi (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.1 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.2 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Teori dan Pengetahuan Sosiologi    
6. Materi Ringkas Sosiologi dan Gejala Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Thomas Luckmann"