Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tenggang Rasa, Bentuk, Ciri, dan Manfaatnya

Pengertian Tenggang Rasa, Bentuk, Ciri, dan Manfaatnya
A. Pengertian Tenggang Rasa
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Istilah tenggang rasa adalah dapat (ikut) menghargai (menghormati) perasaan orang lain. Sikap tenggang rasa juga disebut Tepo Seliro merupakan sebuah ungkapan dari Bahasa Jawa, yang memiliki arti kita merasakan apa yang orang lain rasakan.

Sikap tenggang rasa adalah suatu sikap hidup dalam ucapan, perbuatan, dan tingkah laku yang mencerminkan sikap  menghargai dan menghormati orang lain. Sikap tenggang rasa merupakan sikap yang memiliki nilai budi pekerti yang baik. Dengan memiliki sikap tenggang rasa ini, kita bisa menempatkan diri pada lingkungan pergaulan dengan benar sehingga tercipta suasana yang rukun, harmonis, serasi, selaras, dan seimbang.

Pengertian Tenggang Rasa Menurut Para Ahli
1. Soetjipto, tenggang rasa adalah sikap positif yang diperbuat oleh seseorang atas hubungan sosialnya dengan masyarakat. Peranan inilah menjadi manusia lebih menghargai antar sesama dengan perwujudan tingkah laku, ucapan, dan tindakan.
2. Sjafioedin, tenggang rasa adalah bentuk sikap sosial yang dilakukan seseorang atas hidup bermasyarakat yang mengedepankan serta mengutamakan tentang asas norma dan hukum, dalam upaya penghargaan kepada sesama manusia.
3. Nawawi, tenggang rasa adalah perilaku positif yang dilakukan seseorang atas dampak komunikasi dengan sesama manusia dengan implementasi berupa tutur kata halus, sopan, dan penuh toleransi hingga akhirnya menjadi perwujudan dalam toleransi.

B. Bentuk Tenggang Rasa
1. Menghormati hak-hak orang lain
2. Kerelaan membantu teman yang mengalami musibah
3. Kesediaan menjenguk teman yang sedang sakit
4. Kemauan mengendalikan sikap, perbuatan, dan tutur kata yang dapat menyinggung atau melukai perasaan orang lain

C. Ciri Tenggang Rasa
1. Perkataan, menjadi identitas dari sikap tenggang rasa ini ialah perkataan yang dilakukan seseorang dalam keseharian. Ciri ini lebih dekat pada bentuk komunikasi antar manusia, yang dilakukan secara individual ataupun dilakukan dalam kelompok sosial.
2. Tingkah Laku, tindakan yang menjadi ciri tenggang rasa merupakan tindakan positif yang mewujudkan keharmonisan dalam hubungan sosial masyarakat. Perwujudan ini misalnya saja tentang tingkah laku dalam keseharian, yang memegang erat budaya kesopanan dengan menundukkan badan ketika melewati orang tua.
3. Perbuatan, ciri tenggang rasa lainnya selalu berkenaan dengan perbuatan antar sesama manusia yang kemudian menjadi struktur penilaian orang lain terhadap dirinya. Langkah ini menjadi terakhir, lantaran akan tertanam sikap yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

D. Manfaat Tenggang Rasa
1. Meningkatkan Toleransi, proses pelaksanaan ini menjadi simbol tenggang rasa yang dilakukan seseorang dalam masyarakat. Dengan adanya penghormatan atas perbedaan akan menimbulkan kenyamanan dalam keanekaragaman.
2. Merekatkan Hubungan Sosial, peranan selanjutnya apabila tenggang rasa diimplementasikan dalam kehidupan sosial akan menjadi sistem perekat yang memberi keakraban setiap insan. Hal ini terjadi karena setiap manusia pada dasarnya ingin dihargai.
3. Memudahkan Mencapai Tujuan, manfaat lainnya dari penerapan tenggang rasa dalam kehidupan ialah memberi kemudahan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Baik tujuan individu ataupun penerapan dalam sistem pemerintahan.
4. Menghindari Konflik, manfaat lainnya dalam penerapan tenggang rasa ialah dapat menghindari konflik antar sesama, hal ini terjadi lantaran setiap manusia akan menghindari kericuhan yang dilakukan antaranggota dan mengedepankan kebersamaan.


Dari berbagai sumber

Download

Ket. Klik warna biru untuk link

Lihat Juga 
1. Konsep sosiologi. Permasalahan sosial
2. Menafsirkan realitas sosial
3. Memahami suatu patologi realitas
4. Pengertian Interpretasi
5. Pengertian Realitas Sosial, Proses, Bentuk, Jenis, dan Contohnya
6. Pengertian Penyakit Menular, Kemunculan, Rantai Infeksi, dan Cara Penularannya
7. Pengertian Penyakit Saraf, Tipe Saraf, Gejala, Penyebab, dan Jenisnya
8. Pengertian Tindakan Sosial, dan Bentuknya
9. Pengertian Taraf atau Standar hidup
10. Pengertian Solidaritas, Prinsip, Syarat, Faktor, Tujuan, Jenis, Bentuk, dan Manfaatnya
11. Pengertian Devisa, Sumber, Fungsi, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya
12. Pengertian Pariwisata, Unsur, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya
13. Pengertian Kebenaran
14. Pengertian Open Minded, Karakteristik, Manfaat, Faktor, dan Caranya
15. Pengertian Animisme
16. Pengertian Dinamisme
17. Pengertian Makro dan Mikro Sosiologi
18. Pengertian Kesetaraan Sosial
19. Pengertian Pendapatan Per Kapita, Jenis, dan Fungsinya
20. Pengertian Usaha Kecil, Kriteria, Ciri, dan Risikonya
21. Pengertian Usaha Besar, dan Karakteristiknya
22. Pengertian Fakta Sosial, Latar Belakang, Sifat, Bentuk, dan Jenisnya

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Sosiologi sebagai Ilmu tentang Masyarakat (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 1. Fungsi dan Peran Sosiologi (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.1 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 1.2 Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Teori dan Pengetahuan Sosiologi    
6. Materi Ringkas Sosiologi dan Gejala Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Tenggang Rasa, Bentuk, Ciri, dan Manfaatnya"