Pengertian Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Pengertian Ruang Lingkup Penelitian dan Manfaatnya
Ruang Lingkup Penelitian
A. Pengertian Ruang Lingkup
Bila diartikan secara luas ruang lingkup adalah batasan. Dalam konteks penelitian, ruang lingkup adalah batasan banyaknya subjek yang tercakup dalam sebuah masalah. Batasan ini bisa dalam bentuk materi, variabel yang diteliti, subjek, atau lokasi.

Ruang lingkup merupakan pembatasan variabel yang digunakan, berapa banyak subjek yang akan diteliti, luas lokasi penelitian, materi yang dikaji, dan sebagainya. Adanya pembatasan atau ruang lingkup dalam sebuah penelitian penting adanya karena akan mempengaruhi validitas dari hasil penelitian itu sendiri.

B. Manfaat Membuat Ruang Lingkup
1. Pembahasan lebih terfokus, ini bisa bermanfaat agar pembahasan tidak terpecah kepada hal tidak berhubungan dengan subjek yang dibahas.
2. Meringankan pembahasan, ini lebih efisien dan efektif sehingga definisi dan pengertian dari suatu bahasan bisa lebih tepat.
3. Masalah lebih cepat diselesaikan, ini karena dengan ruang lingkup setiap persoalan yang ada dalam pembahasan bisa lekas ditemukan solusinya. Ini juga berkaitan dengan poin nomor satu karena dengan ruang lingkup masalah bisa lebih sedikit dan metodenya bisa mudah ditemukan.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Ruang Lingkup dan Manfaatnya"