Pengertian Prediksi dan Bentuknya

Pengertian Prediksi atau Forecasting dan Bentuknya
Prediksi (Forecasting)
A. Pengertian Prediksi atau Ramalan (Forecasting)
Istilah prediksi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ramalan; prakiraan. Secara etimologis istilah prediksi berasal dari bahasa Latin præ- , before, and dicere , to say. Prediksi atau forecast adalah pernyataan tentang peristiwa masa depan.

Prediksi merupakan suatu proses memperkirakan secara sistematis tentang sesuatu yang paling mungkin terjadi di masa depan berdasarkan informasi masa lalu dan sekarang yang dimiliki, agar kesalahannya (selisih antara sesuatu yang terjadi dengan hasil perkiraan) dapat diperkecil.

Peramalan atau disebut juga forecasting ialah sebuah cara menganalisis perhitungan yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif atau kualitatif untuk memprediksi peristiwa di masa depan dengan merujuk pada referensi data di masa lampau.

Prediksi atau peramalan (forecast) sering kali, tetapi tidak selalu, berdasarkan pengalaman atau pengetahuan. Tidak ada kesepakatan universal tentang perbedaan yang tepat dari estimasi; penulis dan disiplin ilmu yang berbeda memberikan konotasi yang berbeda.

Meskipun kejadian di masa depan pasti tidak pasti, jadi informasi akurat yang dijamin tentang masa depan tidak mungkin. Prediksi dapat berguna untuk membantu membuat rencana tentang kemungkinan perkembangan.

Pengertian Peramalan (Forecasting) Menurut Ahli
1. Sudjana, peramalan merupakan proses pengukuran (perkiraan) jumlah sesuatu di masa mendatang menurut data di masa lalu yang dianalisa dengan metode ilmiah terutama metode statistika.
2. Maridakis dkk., peramalan sebagai dasar dari semua jenis perencanaan di mana hal tersebut sangat dibutuhkan bagi lingkungan yang tidak stabil untuk menjembatani lingkungan dan sistem.
3. Tita Deitana, peramalan ialah sebuah seni dan ilmu dalam melakukan perkiraan di masa depan.
4. Assauri, peramalan ialah aktivitas untuk memperkirakan hal-hal yang akan terjadi di masa depan.
5. Sumayang, peramalan ialah perhitungan yang objektif dan memakai data-data sebelumnya untuk menentukan suatu hal di waktu mendatang
6. Render dan Heizer, peramalan ialah seni sekaligus ilmu dalam memperkirakan peristiwa yang akan terjadi di masa depan.
7. Nasution dan Prasetyawan, peramalan sebagai suatu proses dalam memperkirakan kebutuhan-kebutuhan di masa depan yang mencakup kebutuhan dalam hal kualitas, kuantitas, lokasi dan waktu yang diperlukan untuk memenuhi permintaan akan barang dan jasa.
8. Rudy Aryanto, peramalan merupakan suatu ilmu dan seni dalam memprediksi kejadian-kejadian di masa mendatang. Peramalan membutuhkan pengambilan data-data historis dan proyek masa depan serta beberapa model matematika.
9. Wignjosoebroto, peramalan merupakan sebuah usaha dalam mendapatkan gambaran tentang peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Dalam konteks ini, gambaran tentang masa depan itu akan menjadi dasar dalam pembuatan perencanaan.
10. Buffa S. Elwood, peramalan ialah pemakaian metode-metode statistik dalam bentuk gambaran masa mendatang menurut pengelolaan angka-angka historis.
11. Supranto, peramalan merupakan perkiraan atau dugaan akan terjadinya suatu peristiwa di masa depan. Ramalan dapat bersifat kuantitatif (berupa angka dan dinyatakan dalam bilangan) atau bisa juga bersifat kualitatif (tidak berupa angka dan dinyatakan dalam penjelasan).
12. Murahartawaty, peramalan ialah pemakaian data-data sebelumnya dari suatu variabel atau sekumpulan variabel dalam mengestimasi nilainya di masa depan.
13. Lerbin R. Aritonang, peramalan merupakan aktivitas penerapan model yang sudah dikembangkan di masa yang akan datang.
14. Subagyo, peramalan sebagai prediksi atas sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan.
15. Handoko, peramalan merupakan sebuah usaha dalam meramalkan kondisi di masa depan melalui pengujian kondisi di masa lalu.
16. Gaspersz, peramalan sebagai sebuah fungsi bisnis yang berupaya memprediksi pemakaian dan penjualan produk sehingga produk tersebut bisa dibuat dalam jumlah yang tepat.
17. Taylor, peramalan ialah suatu prediksi tentang hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang.

B. Bentuk Ramalan atau Prediksi (Forecasting)
1. Proyeksi, suatu proyeksi adalah ramalan yang didasarkan pada ekstrapolasi atas kecenderungan masa lalu maupun masa kini ke masa depan. Proyeksi membuat pertanyaan yang tegas berdasarkan argumen yang diperoleh dari metode tertentu dan kasus yang paralel.
2. Prediksi, sebuah prediksi adalah ramalan yang didasarkan pada asumsi teoretik yang tegas. Asumsi ini dapat berbentuk hukum teoretis (misalnya hukum berkurangnya nilai uang), proposisi teoretis (misalnya proposisi bahwa pecahnya masyarakat sipil diakibatkan oleh kesenjangan antara harapan dan kemampuan), atau analogi (misalnya analogi antara pertumbuhan organisasi pemerintah dengan pertumbuhan organisme biologis).
3. Perkiraan, suatu perkiraan (conjecture) adalah ramalan yang didasarkan pada penilaian yang informatif atau penilaian pakar tentang situasi masyarakat masa depan.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Prediksi dan Bentuknya"