Pengertian Dinamisme

Pengertian Dinamisme
Dinamisme
Dinamisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup. Dinamisme adalah kepercayaan yang mempercayai terhadap kekuatan yang abstrak yang berdiam pada suatu benda yang kemudian diistilahkan dengan mana.

Dinamisme berasal dari bahasa Yunani dunamos yang mempunyai arti kekuatan atau daya. Kepercayaan dinamisme meyakini adanya kekuatan gaib atau mistis yang terdapat pada benda-benda tertentu. Benda-benda tersebut dipercaya dapat memberi pengaruh baik dan pengaruh buruk bagi manusia. Benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan contohnya benda pusaka, tombak, keris, gamelan dan lambang kerajaan.

Dinamisme mempercayai kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Masyarakat yang menganut kepercayaan dinamisme menaruh rasa hormat serta memuja benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib tersebut dengan melakukan upacara pemberian sesaji atau upacara ritual tertentu.

Mereka mempercayai bahwa kekuatan gaib yang terdapat dalam benda-benda tersebut bisa memberikan pertolongan kepada mereka. Kepercayaan dinamisme merupakan kepercayaan yang telah ada sejak nenek moyang kita dan mungkin sampai sekarang masih ada yang menganut kepercayaan dinamisme.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Dinamisme"