Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Leopold von Wiese

Leopold von Wiese (lahir, 2 Februari 1876 di Glatz, present-day Ktodzko - meninggal, pada tahun 1969), adalah seorang sosiolog Jerman dan juga econom Jerman yang terkenal, serta merupakan profesor dan pimpinan Sociological Association Jerman.

Wiese berasal dari keluarga militer. Ia adalah putra seorang perwira Prusia, Ia menempuh pendidikannya pertama kali di akademi militer, akan tetapi rencananya diubah tentang menjadi seorang perwira selama tahun terakhirnya di sekolah. Ia lulus dari Gymsium of Gorlitz pada tahun 1898 dan kemudian Ia mendaftarkan diri di Fakultas Hukum Universitas Berlin, dalam rangka untuk mempelajari ilmu-ilmu sosial, terutama kebijakan sosial.

Pada tahun 1900, Ia diundang oleh Wilhelm Merton untuk bekerja di Institut fiir Gemeinwohl di Frankfurt, disitu Ia mulai belajar masalah sosial modern. Ia menerima Ph.D. nya pada tahun 1902 dan menjadi Privatdozent di Universitas Berlin pada tahun 1905. Ia juga mengajar di akademi dari Dosen dan Diisseldorf. Ia menghabiskan beberapa waktu bepergian, terutama di Asia, sebelum menjadi berafiliasi dengan School of Commerce dan Administrasi Bisnis di Cologne (sekolah menjadi universitas tak lama kemudian, pada tahun 1919).

Von Wiese telah mempertahankan hubungannya dengan sekolah ini sejak saat itu. Wiese juga mengajar di Amerika Serikat yaitu di Harvard University pada 1934/1935 dan juga mengajar di University of Wisconsin pada tahun 1935. Sekembalinya ke Jerman, dia menahan diri dari ideologi resmi Nasional Sosialisme dan akibatnya mengalami beberapa kesulitan dalam mengajar dan penerbitan buku-bukunya.

Wiese dikenal karena karyanya tentang ilmu sosial. Ia mencoba membangun keberadaan sosiologi sebagai ilmu sosial yang mandiri, terpisah dari sejarah, psikologi dan filsafat. Leopold von Wiese berfokus pada hubungan sosial antara orang-orang sebagai "proses sosial" dan pentingnya struktur sebagai "konstruksi sosial".

Bersama Georg Simmel, dia dianggap sebagai pendiri sosiologi formal. Doktrin hubungannya Beziehungslehre kehilangan pengaruhnya hari ini di universitas. Di antara murid-muridnya adalah Karl Gustav Specht, salah satu pendiri gerontologi dan sosiologi medis di Jerman dan Profesor Sosiologi di Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Erlangen-Nuremberg.


Sumber. https://id.wikipedia.org

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 
Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Leopold von Wiese"