Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raúl Prebisch

Biografi Raúl Prebisch
Raúl Prebisch
Raúl Prebisch Lahir 17 April 1901 di San Miguel de Tucumán, Argentina—Meninggal 29 April 1986 (berusia 85) di Santiago de Chile, Chili. Raúl Prebisch adalah seorang ekonom Argentina yang dikenal karena kontribusinya pada ekonomi strukturalis seperti hipotesis Prebisch-Singer, yang membentuk dasar teori ketergantungan ekonomi. Ia menjadi direktur eksekutif Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin (ECLA atau CEPAL) pada tahun 1950.  Pada tahun 1950, ia juga merilis studi yang sangat berpengaruh, Pembangunan Ekonomi Amerika Latin dan Masalah Pokoknya.

Raúl Prebisch dilahirkan di Tucumán, Argentina, dari para pemukim Jerman dan belajar di Universitas Buenos Aires, tempat ia kemudian mengajar. Tulisan awal Raúl Prebisch ditandai oleh kepatuhan penuh terhadap gagasan perdagangan bebas, tetapi pada 1930-an, sebagai akibat dari depresi hebat ia "beralih" ke proteksionisme. Keyakinan sebelumnya didukung oleh pertumbuhan ekonomi Argentina yang spektakuler dari tahun 1860-an hingga 1920-an ketika negara tersebut mengekspor sejumlah besar daging sapi dan gandum ke Inggris. Namun pada 1930-an, depresi hebat dan meningkatnya dominasi ekonomi Amerika Serikat yang mengekspor daging sapi dan gandum daripada membelinya, secara signifikan telah melukai perekonomian Argentina.

Nasib Argentina memaksa Prebisch untuk menguji kembali prinsip keunggulan komparatif yang dijelaskan oleh David Ricardo. Prebisch memisahkan aspek-aspek teoretis ekonomi semata-mata dari praktik perdagangan aktual dan struktur kekuasaan yang mendasari lembaga dan perjanjian perdagangan. Pembagiannya yang dihasilkan dunia menjadi "pusat" ekonomi, yang terdiri dari negara-negara industri seperti AS, dan pinggiran, yang terdiri dari produsen utama, masih digunakan sampai hari ini. Sebagai presiden Bank Sentral Argentina dia telah memperhatikan bahwa selama Depresi Hebat harga produk-produk primer, seperti barang-barang pertanian, turun jauh daripada harga produk-produk sekunder yang diproduksi.

Raúl Prebisch diangkat sebagai direktur eksekutif Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin (ECLA atau CEPAL) pada tahun 1950. Pada tahun 1950, ia merilis sebuah studi tentang Perkembangan Ekonomi Amerika Latin dan Masalah Pokoknya yang sekarang dikenal sebagai hipotesis Prebisch-Singer. Singer adalah ekonom Jerman Hans Singer yang secara terpisah pada waktu yang hampir bersamaan sampai pada kesimpulan yang sama seperti Prebisch, meskipun makalahnya menggunakan pendekatan yang lebih empiris berdasarkan analisis statistik perdagangan dunia.

Hipotesis Prebisch dimulai dengan pengamatan bahwa dalam sistem dunia saat ini; pinggiran memproduksi barang-barang primer untuk diekspor ke pusat, dan pusat memproduksi barang-barang sekunder untuk ekspor ke pinggiran. Menurut hipotesis, ketika teknologi meningkat, pusat dapat mempertahankan tabungan yang dibuat, karena dapat mempertahankan upah dan keuntungan yang lebih tinggi melalui serikat pekerja yang dikembangkan dan lembaga komersial. Sebaliknya, di pinggiran, perusahaan dan pekerja lebih lemah, dan harus meneruskan penghematan teknis kepada pelanggan mereka dalam bentuk harga yang lebih rendah.

Prebisch menunjuk pada penurunan dalam hal perdagangan antara negara-negara industri dan non-industri, yang berarti negara-negara pinggiran harus mengekspor lebih banyak untuk mendapatkan nilai ekspor industri yang sama. Melalui sistem ini, semua manfaat teknologi dan perdagangan internasional akan bertambah ke pusat. Karena pengaruh Prebisch, ECLA menjadi pusat aktivisme Dunia Ketiga di PBB, melahirkan sekolah ekonomi strukturalis Amerika Latin.

Banyak kalangan memandang Prebisch sebagai pendukung industrialisasi substitusi impor (ISI), di mana suatu negara secara progresif mengubah impor dan produksi internalnya, dengan fokus pada industrialisasi, dengan mengorbankan barang impor "berlebihan" yang mendukung modal dan barang setengah jadi untuk periode tertentu dari waktu. Prebisch mengkritik proteksionisme, terutama yang dipraktikkan oleh Juan Perón di Argentina, sejak 1956 dan ISI setidaknya sejak 1963. Dia menganjurkan industrialisasi dan kerja sama ekonomi, termasuk melalui perdagangan, di antara negara-negara berkembang.

Selama tahun 1960-an, para ekonom di Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLA) mengembangkan ekstensi pemikiran Prebisch tentang strukturalisme menjadi teori ketergantungan, di mana pengembangan ekonomi pinggiran dipandang sebagai tugas yang hampir mustahil. Sementara teori ketergantungan adalah kebalikan dari tujuan awal Prebisch dan ECLA, ia terus mengkritik kekuatan ekonomi neo klasik yang ia rasakan menjadi korban kaum miskin global.

Sumber. https://en.wikipedia.org/wiki/Raúl_Prebisch


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Raúl Prebisch"