Pengertian Subordinasi

Pengertian Subordinasi
Subordinasi
Istilah subordinasi atau penomorduaan banyak digunakan untuk mengungkapkan ketidakadilan berdasarkan gender atau jenis kelamin. Meskipun begitu, fenomena subordinasi banyak ditemukan dalam realitas kehidupan sehari-hari, baik dalam lingkungan pekerjaan, pendidikan, politik, dan budaya. Secara umum istilah subordinasi memiliki pengertian pembedaan perlakukan terhadap identitas atau golongan tertentu yang umumnya merupakan kelompok minoritas.

Dalam istilah gender subordinasi merupakan suatu penilaian atau anggapan bahwa suatu peran yang dilakukan oleh satu jenis kelamin lebih rendah dari yang lain. Telah diketahui, nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, telah memisahkan dan memilah-milah peran-peran gender, laki-laki dan perempuan. Contoh dari bentuk ketidakadilan dalam bentuk subordinasi ini adalah sedikitnya pekerja perempuan yang bekerja pada posisi pengambilan keputusan dibanding laki- laki.

Subordinasi tersebut didasari oleh keyakinan bahwa salah satu jenis kelamin dianggap lebih penting atau lebih utama dibanding jenis kelamin lainnya. Sudah sejak dahulu ada pandangan yang menempatkan kedudukan dan peran perempuan lebih rendah dari laki-laki. Kenyataan memperlihatkan bahwa masih ada nilai-nilai masyarakat yang membatasi ruang gerak terutama perempuan dalam kehidupan.


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Subordinasi"