Pengertian Status Quo

Pengertian Status quo
Status quo
Secara sederhananya, status quo bermakna suatu kondisi yang ada saat ini dan sedang berjalan (Sekarang). Kosakata ini sering kali bermakna negatif karena berlawanan dengan makna perubahan, atau singkatnya, anti perubahan. Status quo merupakan kondisi statis yang tidak ada perubahan, penambahan atau perbaikan. Mempertahankan status quo berarti menjaga keadaan sebagaimana adanya saat ini.

Berdasarkan asal bahasanya statu quo merupakan frasa Latin yang memiliki arti keadaan saat ini. Dalam pengertian sosiologis, istilah status quo umumnya berlaku untuk mempertahankan atau tidak mengubah struktur dan atau nilai sosial yang ada. Istilah ini banyak dipakai di dalam dunia perpolitikan, ataupun dalam hierarki dunia kerja untuk menyatakan kondisi, kultur atau habit kerja yang sudah ada dan telah berjalan (cukup lama).

Penggunaan dalam bidang politik misalnya dalam gerakan sosial, status quo saat merupakan hal yang ditentang. Status quo mengacu pada keadaan saat ini tentang masalah tertentu, atau mungkin budaya saat ini atau iklim sosial dari seluruh masyarakat atau bangsa. Status quo bagi para pendukung gerakan sosial merupakan orang-orang yang resisten terhadap kemajuan atau tujuan gerakan.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Status Quo"