Pengertian Kondusif, Faktor,dan Syaratnya

Pengertian Kondusif
Kondusif
A. Pengertian Kondusif
Kata kondusif dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki pengertian memberi peluang pada hasil yang diinginkan yang bersifat mendukung. Secara etimologi kata kondusif berasal dari bahasa Latin, yaitu Con yang artinya bersamaan dengan dan ducere yang artinya menuntun atau mengarahkan. Dengan demikian, kondusif merupakan suatu situasi atau kondisi yang mendukung terlaksananya sesuatu hal, atau situasi yang mengarahkan kemungkinan terjadinya sesuatu sesuai yang diinginkan.

Dalam sosiologi, arti kata kondusif didefinisikan sebagai suatu ketenangan dan ketertiban dalam masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. Pengertian kondusif dalam pembelajaran menggambarkan suatu sikap tenang dalam melakukan aktivitas belajar, tertib dalam pelaksanaan berbagai tugas, dan mendukung semua kegiatan yang termasuk di dalam proses pembelajaran.

B. Faktor Suasana Kondusif dalam Pembelajaran
1. Suasana Dalam Kelas
2. Lingkungan di Sekitar Kelas Atau Sekolah

C. Syarat-syarat Terciptanya Suasana Belajar yang Kondusif
1. Murid harus mengalami kemajuan
2. Murid harus menghargai pelajaran yang disajikan
3. Pengajar harus memperoleh kepuasan karenanya
4. Peran Guru dan Orang Tua dalam Menciptakan suasana Belajar yang Menyenangkan

D. Pentingnya Suasana Belajar Kondusif
Belajar merupakan kegiatan yang membutuhkan lingkungan dan suasana khusus. Hal ini bertujuan agar prestasi belajar siswa dapat dicapai seoptimal mungkin.  Di sekolah maupun rumah, siswa akan dapat belajar dengan baik apabila dalam suasana yang kondusif.

Suasana dan lingkungan khusus dimaksud adalah kondisi dan lingkungan belajar yang kondusif yaitu suasana yang nyaman dan menyenangkan.  Nyaman dalam hal ini jauh dari gangguan suara dan bunyi yang merusak konsentrasi belajar.  Menyenangkan berarti suasana belajar yang gembira dan antusias. Suasana belajar jauh dari tekanan dan target tertentu terhadap siswa yang belajar.

Suasana belajar yang nyaman memungkinkan siswa untuk memusatkan pikiran dan perhatian kepada apa yang sedang dipelajari. Sebaliknya, suasana belajar yang tidak nyaman dan membosankan akan membuat konsentrasi belajar siswa terganggu. Tentu saja akan sia-sia untuk berharap hasil belajar yang optimal.


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Kondusif, Faktor,dan Syaratnya"