Douglass North

Biografi Douglass North
Douglass North
Douglass Cecil North lahir 5 November 1920 di Cambridge, Massachusetts, AS dan meninggal 23 November 2015 (berusia 95) di Benzonia, Michigan, AS. Douglass Cecil North adalah seorang ekonom Amerika yang dikenal karena karyanya dalam sejarah ekonomi. Bersama Robert William Fogel, ia menerima Hadiah Nobel Memorial dalam Ilmu Ekonomi  tahun 1993.

North dididik di Ashbury College di Ottawa, Ontario dan Choate School di Wallingford, Connecticut. Diterima di Harvard pada saat yang sama ketika ayahnya menjadi kepala MetLife di pantai barat, jadi North memilih untuk pergi ke University of California, Berkeley. Selama waktunya di Berkeley, North adalah anggota Persaudaraan Chi Phi. Pada tahun 1942, ia lulus dengan gelar BA dalam Kurikulum Umum-Humaniora. Douglass North berhasil menyelesaikan tiga besar dalam ilmu politik, filsafat dan ekonomi.

Bersama dengan Ronald Coase dan Oliver Williamson, Douglass North membantu mendirikan Masyarakat Internasional untuk Ekonomi Kelembagaan Baru (ISNIE) yang mengadakan pertemuan pertamanya di St. Louis pada tahun 1997. Penelitiannya meliputi hak-hak properti, biaya transaksi, dasar kelembagaan dari pasar, dan organisasi ekonomi dalam sejarah serta perkembangan ekonomi di negara-negara berkembang .

Sumber. https://en.wikipedia.org/wiki/Douglass_North


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Douglass North"