Celso Furtado

Biografi Celso Furtado
Celso Furtado
Celso Monteiro Furtado lahir 26 Juli 1920 Pombal, Paraiba, Brasil dan meninggal 20 November 2004 (berusia 84) Rio de Janeiro, Rio de Janeiro, Brasil. Celso Monteiro Furtado adalah seorang ekonom Brasil dan salah satu intelektual paling terkemuka di negaranya selama abad ke-20. Karyanya berfokus pada pembangunan dan keterbelakangan dan kegigihannya  dalam mengangkat tema kemiskinan di negara-negara pinggiran di seluruh dunia.

Celso Monteiro Furtado bersama dengan Raúl Prebisch sebagai salah satu formulator utama strukturalisme ekonomi, sebuah sekolah ekonomi yang sebagian besar diidentifikasi dengan CEPAL, yang mencapai puncaknya di Amerika Latin dan daerah berkembang lainnya selama 1960-an dan 1970-an dan berupaya merangsang pembangunan ekonomi melalui intervensi pemerintah, sebagian besar diilhami oleh pandangan John Maynard Keynes. Sebagai seorang politisi, Furtado diangkat sebagai Menteri Perencanaan (pemerintahan Goulart) dan Menteri Kebudayaan (pemerintah Sarney).

Celso Furtado pindah ke Rio de Janeiro pada tahun 1939 untuk belajar Hukum, dan lulus dari Universitas Federal Rio de Janeiro (UFRJ) pada tahun 1944. Pada tahun yang sama ikut wajib militer dengan Pasukan Ekspedisi Brasil untuk berperang di Italia selama Perang Dunia II bersama Sekutu. Melihat negara-negara yang hancur setelah perang di Eropa berdampak besar padanya, yang mengarah pada keputusan bahwa ia akan belajar Ekonomi: ia mendaftar dalam program doktor di Universitas Paris (Sorbonne), pada tahun 1946, dan mempresentasikan tesis tentang ekonomi Brasil selama periode kolonial.

Pada tahun 1949 ia pindah ke Santiago, Chili, di mana ia bergabung dengan tim Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang baru dibentuk untuk Amerika Latin dan Karibia (paling dikenal dengan akronim Amerika Latin, CEPAL), yang kemudian dipimpin oleh ekonom Argentina Raúl Prebisch. Ketika bekerja di CEPAL, Furtado dan Prebisch menentukan untuk merumuskan kebijakan sosial ekonomi untuk pengembangan Amerika Latin yang menekankan industrialisasi dan substitusi impor.

Sekembalinya ke Brasil pada tahun 1959, ia menerbitkan bukunya yang paling terkenal - Pertumbuhan Ekonomi Brasil: Sebuah Survei dari Kolonial ke Masa Modern (dalam bahasa Portugis: Formação Econômica do Brasil) dan diangkat sebagai direktur Bank Pembangunan Brasil (BNDE) yang bertanggung jawab atas masalah yang menyangkut negara bagian di wilayah timur laut, yang miskin dan menghadapi kekeringan kronis dan penggurunan. Selama periode ini, ia mengembangkan sebuah rencana yang menghasilkan penciptaan Superintendency for Development of the Northeast (Sudene), sebuah badan pemerintah yang bekerja untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di wilayah itu, dan diangkat oleh presiden Brasil Juscelino Kubitschek (1956–1961) direktur pertama agensi. Selama pemerintahan presiden João Goulart (1961–1964), Furtado menjadi Menteri Perencanaan dan bertanggung jawab atas Rencana Pembangunan Trienial Brasil.

Furtado juga merupakan salah satu pendiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), sebuah badan antar pemerintah yang dibentuk pada tahun 1964, yang karyanya sejak itu berpusat pada isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan dan asimetri perdagangan internasional.

Dengan kudeta militer Brasil, pada tahun 1964 ia dipaksa ke pengasingan dan bekerja sebagai profesor di Universitas Yale, Amerika Serikat, dan kemudian di Universitas Cambridge dan Universitas Paris ( Sorbonne ), di Prancis. Setelah Hukum Amnesti, pada 1979, ia kembali ke Brasil dan diangkat menjadi Duta Besar Brasil di EEC, di Brussels (1985–1986) dan Menteri Kebudayaan di pemerintahan Presiden José Sarney (1985–1990). Pada tahun 2004, Celso Furtado dinominasikan untuk Hadiah Nobel Ekonomi (Hadiah Bank Swedia untuk Ilmu Ekonomi). Pada tahun yang sama ia mendukung Hugo Chavez dalam pemilihan presiden Venezuela.

Sumber. https://en.wikipedia.org/wiki/Celso_Furtado


Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Celso Furtado"