Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Andre Gunder Frank

Biografi Andre Gunder Frank
Andre Gunder Frank
Andre Gunder Frank lahir 24 Februari 1929 di Berlin, Jerman dan meninggal 25 April 2005 (umur 76) di Luksemburg, Luksemburg.  Andre Gunder Frank adalah sejarawan ekonomi dan sosiolog Jerman-Amerika yang memperkenalkan teori ketergantungan pada tahun 1970 dan teori sistem dunia tahun 1984. Ia menerapkan sejumlah konsep Marxis pada ekonomi politik, tetapi menolak konsep tahap sejarah dan sejarah ekonomi Marx. Dalam salah satu esainya, Frank dengan tepat memperkirakan krisis ekonomi global 2008.

Frank lahir di Jerman dari orang tua Yahudi, seorang penulis pasifis Leonhard Frank dan istri keduanya Elena Maqenne Penswehr, tetapi keluarganya melarikan diri dari Jerman ketika Adolf Hitler diangkat menjadi Kanselir. Frank sekolah di beberapa tempat di Swiss, di mana keluarganya menetap, sampai mereka beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1941. Studi sarjana Frank di Swarthmore College, di mana ia memperoleh gelar Ekonomi pada tahun 1950.

Frank memperoleh gelar Ph. D. dalam bidang ekonomi pada tahun 1957 di University of Chicago. Doktornya adalah sebuah studi tentang pertanian Soviet berjudul Pertumbuhan dan Produktivitas di Pertanian Ukraina dari tahun 1928 hingga 1955. Ironisnya, penguji disertasinya adalah Milton Friedman, tokoh yang terkenal dengan pendekatan laissez faire ekonominya, yang kemudian hari Frank dengan keras akan mengkritiknya.

Sepanjang tahun 1950-an dan awal 1960-an Frank mengajar di universitas-universitas Amerika. Pada 1962 ia pindah ke Amerika Latin. Karyanya yang paling menonjol selama masa ini adalah masa tugasnya sebagai Profesor Sosiologi dan Ekonomi di Universitas Chili, di mana ia terlibat dalam reformasi di bawah pemerintahan sosialis Salvador Allende. Setelah pemerintahan Allende dijatuhkan oleh kudeta pada tahun 1973, Frank melarikan diri ke Eropa, di mana ia menduduki serangkaian posisi universitas. Dari 1981 hingga pensiun pada 1994, ia adalah profesor ekonomi pembangunan di University of Amsterdam .

Selama karirnya, Frank mengajar dan melakukan penelitian di departemen antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, hubungan internasional, ilmu politik, dan sosiologi. Dia bekerja di sembilan universitas di Amerika Utara, tiga di Amerika Latin, dan lima di Eropa. Dia memberikan kuliah dan seminar yang tak terhitung jumlahnya di puluhan universitas dan institusi lain di seluruh dunia dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia, Jerman dan Belanda.

Karyanya pada 1990-an berfokus pada sejarah dunia. Dia kembali ke analisisnya tentang ekonomi politik global dalam milenium baru yang terinspirasi oleh ceramah yang dia berikan di Stockholm School of Economics di Riga (SSE Riga). Pada tahun 2006 SSE Riga menerima koleksi perpustakaan pribadi Andre Gunder Frank dan mendirikan Perpustakaan Memorial Andre Gunder Frank untuk menghormatinya, dengan dukungan dari Friedrich Ebert Foundation.

Frank adalah seorang penulis yang produktif, menulis 40 buku. Ia menerbitkan secara luas tentang ekonomi politik, sejarah ekonomi, hubungan internasional, sosiologi historis, dan sejarah dunia. Mungkin karyanya yang paling terkenal adalah Kapitalisme dan Keterbelakangan di Amerika Latin. Diterbitkan pada tahun 1967, yang merupakan salah satu teks formatif dalam teori ketergantungan. Dalam karirnya kemudian ia menghasilkan karya-karya seperti ReOrient: Ekonomi Global di Zaman Asia dan, bersama Barry Gills, Sistem Dunia: Lima Ratus Tahun atau Lima Ribu. Teori-teori Frank berpusat pada gagasan bahwa kekuatan ekonomi suatu negara, sebagian besar ditentukan oleh keadaan historis — terutama geografi — menentukan kekuatan globalnya.

Dia juga terkenal karena menyarankan bahwa solusi berorientasi ekspor murni untuk pembangunan menciptakan ketidakseimbangan yang merugikan negara-negara miskin. Frank telah memberikan kontribusi yang signifikan pada teori sistem-dunia (yang, menurutnya, seharusnya lebih disebut sebagai Sistem Dunia). Dia berpendapat bahwa Sistem Dunia dibentuk paling lambat pada milenium ke-4 SM ; argumennya sangat kontras dengan mayoritas ilmiah yang menempatkan pada awal "abad ke-16 yang panjang" (posisi yang dipegang, misalnya, oleh Immanuel Wallerstein). Frank juga menegaskan bahwa gagasan tentang banyak "sistem-dunia" tidak masuk akal (memang, jika ada banyak "sistem-dunia" di dunia, maka mereka tidak layak disebut "sistem-dunia"), dan kita lebih baik berbicara tentang satu Sistem Dunia.

Sumber. https://en.wikipedia.org/wiki/Andre_Gunder_Frank


Download

Ket. Klik warna biru untuk link

Lihat Juga 
Materi Sosiologi SMA 
Bab 3. Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Andre Gunder Frank"