Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Reintegrasi dan Upaya Reintegrasi Sosial

Pengertian Reintegrasi dan Upaya Reintegrasi Sosial
Reintegrasi Sosial
Pengertian Reintegrasi Sosial
Reintegrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti penyatuan kembali; pengutuhan kembali. Secara umum reintegrasi sosial mempunyai arti yaitu sebagian upaya untuk membangun kembali kepercayaan, modal sosial, dan kohesi sosial akibat adanya disintegrasi dan disorganisasi sosial. Dalam reintegrasi sosial sarana mengendalikan konflik sangat dibutuhkan masyarakat yang berkonfik, entah karena masalah perbedaan pendapat, agama, suku, ras dan agama. Untuk itu sifat reintegrasi sosial adalah menetralkan setiap konflik yang terjadi pada masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto, reintegrasi sosial adalah proses memperbarui nilai-nilai sosial dan norma-noma sosial untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan masyarakat yang mengalami perubahan. Kondisi ini kemudian disebut dengan disorganisasi dan disintegrasi sosial. Awal mula terjadinya disorganisasi karena adanya situasi tidak sesuai dan seimbang dalam masyarakat. Atau dengan kata lain ada satu sistem sosial di masyarakat yang tidak berfungsi dengan baik.

Upaya Reintegrasi Sosial
Hal-hal yang dilakukan agar masyarakat tidak bertentangan dengan pemahaman tentang reintegrasi sosial dalam kehidupan sosial:
1) Individu harus sadar akan pentingnya berbangsa
Upaya reintegrasi sosial di masyarakat yang pertama adalah menguatkan pentingnya berbangsa. Hal seperti ini memang diperlukan pada upaya reintegrasi sosial karena dengan adanya kesadaran diri dapat mempunyai jiwa kebangsaan dan kewarganegaraan. Kerukunan antarmasyarakat tentu sangat membahagiakan dan membuat hidup menjadi tentram. Agar kehidupan di masyarakat tetap terjaga dan rukun maka setiap individu dan juga kelompok perlu menguatkan kesadaran akan kehidupan berbangsa. Jika hal tersebut dirusak terjadinya hal seperti konflik yang berkepanjangan akan mudah terjadi.

2) Mencari solusi terbaik bila terdapat pihak lain yang melakukan penolakan
Perundingan dapat dilakukan dengan cara apa saja mulai musyawarah, voting dan masih banyak lagi yang tidak memerlukan terjadinya aksi-aksi penolakan yang dapat merugikan bagi siapa saja. Setiap individu selalu memiliki pandangan dan juga perspektif yang berbeda-beda. Ajar pada situasi tertentu ada orang yang tidak memiliki pandangan yang sama. Ketika ada pandangan yang berbeda kita harus saling menghargai dan mencarikan solusi terbaik agar tidak sampai terjadi pertengkaran dengan dilakukan musyawarah.

3) Bila terjadi penyimpangan dalam masyarakat selesaikan melalui jalur hukum
Maksudnya adalah bila ada salah satu pihak yang reintegrasi sosial menyimpang dari hukum maka boleh-boleh jika pihak yang bersangkutan dilaporkan kepada pihak hukum yang berwenang agar bisa diberi sanksi atas kesalahan yang dilakukannya.

4) Bila perselisihan telah mengarah pada terjadinya konflik maka minta bantuan militer
Apabila konflik yang terjadi sudah pada level adanya kekerasan maka harus meminta bantuan militer. Contoh dari hal tersebut adalah aksi saling lempar batu. Bantuan militer dipercaya bisa menjadi pihak yang bisa mendamaikan masyarakat yang sedang berkonflik.


Dari berbagai sumber

Ket. klik warna biru untuk link

Download

Lihat Juga 
1. Integrasi masyarakat
2. Tahap-tahap resolusi konflik
3. Enkulturasi
4. Disorganisasi (disintegrasi) dan reorganisasi (reintegrasi)
5. Difusi
6. Bentuk-bentuk integrasi sosial
7. Belajar berdemokrasi dan hidup dalam pluralisme
8. Persamaan
9. Desentralisasi
10. Hak asasi manusia
11. Demokrasi
12. Kontrak sosial
13. Perkawinan

14. Definisi Kebiasaan, Tahap dan Pembentukan Adat
15. Demonstrasi
16. Definisi Pergolakan Daerah, Faktor Penyebab dan Contohnya
17. Definisi Harmoni Sosial
18. Pengertian Disintegrasi Sosial, Gejala, Penyebab, Bentuk, Contoh, dan Upaya Penanggulangannya
19. Definisi Pemulihan (Recovery) Pasca Konflik
20. Pengertian Ideologi, Ciri, Fungsi, Dimensi, Jenis, dan Macamnya 

Materi Sosiologi SMA
Bab 5. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.1 Integrasi dan Reintegrasi Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.1 Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.2 Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Definisi Reintegrasi dan Upaya Reintegrasi Sosial"