Definisi Internasionalisasi dan Internasionalisme

Definisi Internasionalisasi dan Internasionalisme
Internasionalisasi dan Internasionalisme

Istilah internasionalisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti penginternasionalan atau menjadikan internasional. Demikian, internasionalisasi merupakan istilah yang menggambarkan dibawanya suatu permasalahan lokal atau regional menjadi urusan dunia internasional atau antarbangsa. Istilah internasionalisasi ini lebih banyak merujuk pada urusan politik dibanding ekonomi atau perdagangan.

Sementara itu, internasionalisme merujuk pada gerakan yang mengusung kerja sama ekonomi dan politik antarbangsa yang lebih besar demi kemaslahatan bersama. Para pendukung gerakan ini, mengklaim bahwa semua bangsa harus bekerja sama karena kepentingan bersamanya dalam jangka panjang jauh lebih penting daripada kebutuhan perorangan dalam jangka pendek. Internasionalisme mengajarkan bahwa semua bangsa memiliki kesamaan yang lebih banyak daripada perbedaan sehingga mereka harus memperlakukan satu sama lain secara tanpa pilih kasih.

Internasionalisme merupakan upaya mempromosikan perdamaian global melalui penciptaan struktur atau institusi internasional. Integrasi dan kerja sama dari sudut pandang ini lebih pada kesadaran kolektif tentang perlunya negara-negara saling berhubungan dengan baik (good relations) dalam institusi internasional untuk menciptakan situasi dunia yang damai di berbagai bidang, termasuk ekonomi.

Hedley Bull (1995), sebagai salah satu pemikirnya, memberikan perhatian khusus pada nilai fundamental, yakni tentang ketertiban dan keadilan internasional (dalam Jackson dan Sorensen 2009). Sementara itu, menurut Daly (1999) internasionalisme merujuk pada meningkatnya kesadaran akan pentingnya perdagangan internasional, hubungan internasional, perjanjian, aliansi, dan lain-lain. Inter-national, of course, means between or among nations. The basic unit remains the nation, even as relations among nations become increasingly necessary and important


Dari berbagai sumber 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Definisi Internasionalisasi dan Internasionalisme"