Definisi Harmoni Sosial

Pengertian Harmoni Sosial
Harmoni Sosial

Harmoni sosial secara umum adalah kondisi di mana manusia sebagai makhluk individu dan sosial dapat hidup sejalan dan serasi dengan tujuan lingkungan masyarakatnya. Harmoni Sosial merupakan suatu keadaan keseimbangan dalam sebuah kehidupan masyarakat, sesuai dengan arti dua kata yaitu harmoni berarti selaras atau serasi, sedangkan sosial berarti berkenaan dengan masyarakat, mengenai masyarakat. Harmoni biasanya identik dengan kata damai atau selaras.

Kondisi harmoni dalam masyarakat akan terjadi saat masyarakat hidup rukun dan saling menghormati atau toleran satu sama lain. Sebaliknya harmoni sosial tidak akan pernah tercapai ketika tidak tercipta kehidupan yang damai serta saling menghargai dari setiap anggota masyarakat yang tinggal bersama dan memiliki perbedaan. Harmoni tentunya menjadi penting dalam kehidupan bermasyarakat karena akan menjadikan hidup menjadi lebih baik. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antarwarga masyarakat.

Keberadaan manusia bersama dengan sesamanya merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal. Artinya bahwa manusia bukan semata-mata sebagai makhluk individu, melainkan juga sebagai makhluk sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, dan sebagainya. Banyak hal yang berkaitan dengan harmoni sosial, seperti interaksi sosial, budaya, kebutuhan materi, kehidupan, norma dan peraturan, serta sikap.

Kondisi kehidupan masyarakat Indonesia yang berasal dari latar belakang yang beragam seperti suku, budaya, agama, tradisi, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya. Perbedaan budaya, kultur, dan tradisi suatu wilayah dengan wilayah yang lain juga akan menghasilkan karakter yang berbeda. Inilah salah satu kekayaan bangsa kita yang terdiri dari banyak suku yang tersebar di berbagai wilayah.

Harmoni sosial akan mampu merekatkan berbagai perbedaan tersebut dan menjadikannya sebagai sarana untuk saling memahami, tepo seliro dan toleransi, yang akhirnya akan melahirkan persatuan dan saling mencintai. Jika tidak, dapat menjadi sumbu pemicu terjadinya konflik horizontal berkepanjangan. Perbedaan tersebut bukannya menjadi sumber daya yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia, namun dapat menjadi pemicu munculnya sebuah konflik bila tidak dikelola dengan baik.


Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Definisi Harmoni Sosial"