Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perikles

Perikles lahir 495 SM di Athena, Yunani dan meninggal 429 SM di Athena, Yunani, adalah seorang negarawan Yunani yang paling terkenal dan berpengaruh, orator dan jendral Athena selama Zaman Keemasan Athena, era antara Perang Persia dan Peloponnesos. Pericles memiliki pengaruh yang mendalam terhadap masyarakat Athena. Oleh Thukydides, sejarawan sezamannya, Perikles dijuluki warga Athena pertama.

Perikles adalah putra politisi Xanthippus yang meskipun dikucilkan pada tahun 485-484 SM, kembali ke Athena untuk memimpin kontingen Athena dalam kemenangan Yunani di Mycale hanya lima tahun kemudian. Ibu Pericles, Agariste adalah anggota keluarga bangsawan Alcmaeonidae yang kuat dan kontroversial, dan koneksi keluarga memainkan peran penting dalam membantu memulai karir politik Xanthippus. Agariste adalah cicit dari tiran Sicyon, Cleisthenes, dan keponakan dari reformis Athena, Cleisthenes.

Perubahan besar yang dilakukan oleh Perikles yaitu mengubah Liga Delos menjadi kekaisaran Athena dan memimpin bangsanya selama dua tahun pertama Perang Peloponnesos. Periode ketika ia memimpin Athena, sekitar 461-429 SM, kadang-kadang dikenal sebagai Zaman Perikles, meskipun periode tersebut dapat meliputi pula Perang Persia, atau abad berikutnya. Pericles tidak hanya mempromosikan seni dan sastra, melainkan juga mengupayakan agar Athena memegang reputasi sebagai pusat pendidikan dan budaya dunia Yunani kuno.

Dia memulai sebuah proyek ambisius yang menghasilkan sebagian besar bangunan di Akropolis (termasuk Parthenon) yang masih ada sampai saat ini. Proyek ini memperindah kota, memamerkan kemuliaan, dan memberikan pekerjaan kepada orang-orang. Perikles juga memupuk demokrasi Athena sedemikian rupa sehingga para kritikus menyebutnya sebagai seorang populis.


Dari berbagai sumber

Ket. klik warna biru untuk link

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Perikles"